Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar

10 Nov 2016 dn6jf

Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar

Siapa bilang memulai bisnis tanpa modal besar tidak dapat dilakukan? Di bawah ini Anda akan menemukan tips untuk memulai bisnis, meskipun Anda tidak memiliki modal besar.

Anda mungkin dibatasi pada modal yang sedikit saat Anda memulai bisnis Anda, tapi itu tidak berarti Anda tidak memiliki pilihan. Sangatlah mungkin untuk memulai bisnis dengan sedikit uang, jika Anda memiliki kombinasi dari kemampuan, etos kerja, dan pengetahuan memadai tentang pemasaran.

Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar
Tips Memulai Bisnis Tanpa Modal Besar
  • Membuat Sesuatu

ventross.com, Ya, membuat sesuatu memerlukan dana awal, tapi seringkali, produk yang Anda buat dapat terjual jauh lebih besar dari biaya pembuatannya. Apa yang harus Anda buat? Terserah, tapi ada beberapa tempat dimana Anda dapat menjual barang-barang buatan Anda secara online.

Banyak pemilik bisnis menjual produk mereka pada platform yang berbeda untuk mendapatkan eksposur sebanyak mungkin. Akan tetapi, sangatlah penting untuk memastikan inventori Anda tetap update pada semua situs dimana Anda titipkan barang Anda.

  • Menjual Kembali

Jika Anda tidak ingin membuat apapun (atau Anda tidak melihat diri Anda sebagai orang yang kreatif), beberapa pemiliki bisnis memiliki bisnis yang berkembang pesat hanya dengan menjual kembali produk yang telah dibuat. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, yakni:

  • Dropship: Buat toko online dan bekerjasama dengan perusahaan drop-ship yang akan melakukan pemenuhan pesanan bagi Anda.
  • Diskon & Garage Sale: Jika Anda tahu dimana tempat mencari, Anda dapat mencari barang di toko yang sedang diskon, toko barang bekas, pasar loak, atau cuci gudang dan kemudian menjual kembali barang itu secara online dengan harga yang lebih tinggi dari harga pembelian Anda.
  • Jual Layanan

Salah satu cara untuk memulai bisnis tanpa modal awal besar adalah dengan menjual layanan Anda, dibanding produk fisik. Ada banyak jenis layanan yang dapat Anda tawarkan, bergantung pada background pendidikan atau minat Anda.

Beberapa akan membutuhkan pendidikan lanjutan, seperti akuntan, sementara yang lain hanya perlu pengetahuan tentang cara melakukan hal itu (seperti babysit, memotong rumput, atau asisten pribadi).

Karena Anda menjual layanan Anda, Anda memerlukan rencana branding untuk memastikan nama atau perusahaan Anda dapat selalu terdepan bagi orang-orang yang membutuhkannya.

Dan juga sangat berguna untuk memiliki website untuk menunjukan contoh pekerjaan Anda, mendata pengalaman Anda, dan menulis postingan blog tentang jasa Anda untuk menarik pengunjung.

  • Memanfaatkan layanan low-cost

Anda dapat menggunakan situs-situs seperti Fiverr atau Projects.co.id untuk mengiklankan jasa Anda. Bukan hanya mengiklankan jasa Anda, tapi situs itu juga dapat Anda pergunakan untuk membuat perusahaan Anda sendiri. Sebagai contoh, banyak designer menawarkan 5 – 25 US$ untuk membuat logo dan dengan revisi gratis.

Memulai bisnis memerlukan kecerdikan dan passion akan apa yang sedang Anda lakukan. Begitu Anda melakukan sesuatu yang dapat Anda nikmati, Anda akan memiliki kemungkinan lebih untuk menemukan sukses di bidang itu. Anda mungkin memulai bisnis tanpa modal besar, tapi bukan berarti Anda mendapatkan hasil yang ingin Anda capai.


Baca Juga :