Elitisme

4 Masalah Pokok Pendidikan di Indonesia dan Cara Mengatasinya

18 Nov 2016 marin name

4 Masalah Pokok Pendidikan di Indonesia dan Cara Mengatasinya

 

ventross.com – Pendidikan memiliki tugas penting untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam pembangunan. Derap langkah akan selalu diupayakan seirama dengan adanya tuntutan jaman. Perkembangan jaman ini selalu bisa memunculkan persolan-persolaan baru yang tak akan pernah terpikirkan sebelumnya.

Jika berbicara mengenai masalah pendidikan, perhatian pemerintah masih terasa sangat minim sekali ya. Gambaran tersebut tercermin dari berbagai masalah pendidikan yang dirasa semakin rumit. Kualitas siswa juga masih terbilang rendah, pengajaran kurang professional, biaya pendidikan mahal, atau bahkan aturan undang-undang pendidikan yang kacau. Dampak dari pendidikan buruk itulah, Indonesia ke depannya jadi semakin terpuruk. Dan keterpurukan inilah bisa juga diakibatkan dari kecilnya rata-rata alokasi anggaran pendidikan, baik pada tingkat nasional, provinsi, kota, dan kabupaten.

Elitisme
Elitisme

 

Berbagai masalah pokok pendidikan di Indonesia

Pembangunan pendidikan yang telah dilaksanakan sejak Indonesia merdeka sudah memberikan hasil yang bisa dibilang cukup baik, sehingga secara umum kualitas dari sumber daya manusia di Indonesia jauh lebih baik. Akan tetapi, bila dibandingkan dengan Negara ASEAN, Indonesia masih tertinggal cukup jauh, oleh sebab itulah, upaya yang aktif sangat perlu ditingkatkan supaya bangsa kita tak jadi tamu asing di negeri sendiri, khususnya dikarenakan terjajah oleh adanya budaya asing serta terpaksa menari di atas irama gendang irama lain.

Upaya dalam membangun SDM yang berdaya saing tinggi, bermoral, berwawasan iptek, dan berbudaya bukan suatu pekerjaan yang mudah. Hal ini dikarenakan dunia pendidikan masih hadapi berbagai masalah internal yang cukup mendasar, serta bersifat kompleks. Kita masih hadapi sejumlah masalah yang sifatnya berantai. Rendahnya kualitas dalam jenjang sekolah dasar sangatlah penting sekali untuk segera diatasi sebab sangat berpengaruh pada pendidikan selanjutnya.

 

Masalah internal pendidikan di Indonesia dan cara mengatasinya

 

Kualitas pendidikan

Misalnya saja mutu guru yang terbilang rendah ada semua jenjang pendidikan, alat bantu proses belajar mengajar yang masih belum memadai, dan tidak meratanya lulusan yang dihasilkan. Untuk bisa mengatasi hal ini adalah dengan meningkatkan anggaran bagi pendidikan dan meningkatkan efisiensi pendidikan.

Relevansi pendidikan

Ini adalah kesesuaian antara pendidikan dan perkembangan di masyarakat, salah satunya adalah lembaga pendidikan yang tidak bisa cetak lulusan yang siap pakai. Untuk mengatasinya adalah dengan membuat kurikulum sesuai dengan perkembangan dunia usaha dan mengganti kurikulum yang sudah tak sesuai dengan tuntutan jaman.

Elitisme

Ini merupakan kecenderungan dalam penyelenggaraan pendidikan bagi pemerintah yang sangat menguntungkan kelompok minoritas yang malah mampu ditinjau secara ekonomi, misalnya saja mahalnya biaya pendidikan, cara untuk mengatasinya adalah diadakannya pemberian beasiswa bagi yang tak mampu.

Manejemen pendidikan

Untuk masalah yang satu ini contohnya adalah masalah pengelolaan sekolah. Untuk mengatasi adalah dengan system pendidikan nasional atau sisdikanas perlu ditata kembali.

 

Demikianlah 4 masalah pokok pendidikan di Indonesia dan cara mengatasinya. Semoga saja bisa bermanfaat. Artikel Ini Dipersembahkan Oleh Situs Sekolah Bahasa Inggris Online

 

Baca Juga :