Bagaimana Konsep Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)?

29 Nov 2016 marin name

Bagaimana Konsep Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)?

ventross.com – Perlu Anda tahu bahwasannya istilah anak berkebutuhan khusus (ABK) ini mempunyai cakupan yang sangat luas sekali. Yang mana dalam paradigm pendidikan anak berkebutuhan khusus tersebut keberagamanan anak sangat dihargai dengan baik. Setiap anak mempunyai latar belakang kehidupan budaya dan juga perkembangan yang berbeda serta oleh sebab itulah setiap anak dimungkinkan akan mempunyai kebutuhan khusus dan juga hambatan belajar yang berbeda-beda juga, sehingga menjadikan setiap anak sebenarnya memerlukan layanan pendidikan yang disesuaikan dengan hambatan belajar dan juga kebutuhan masing-masing anak dengan kebutuhan khusus bisa diartikan sebagai seorang anak yang perlu pendidikan sesuai dengan hambatan belajar serta kebutuhan masing-masing anak secara individu.

Bagaimana Konsep Anak Berkebutuhan Khusus

Pengelompokkan ABK (anak berkebutuhan khusus)

Cakupan konsep ABK atau anak berkebutuhan khusus bisa dikategorikan maupun dikelompokkan jadi dua kelompok besar, yakni :

  • Anak berkebutuhan khusus dengan sifat sementara atau temporer
  • Anak berkebutuhan khusus dengan sifat menetap atau permanent

Anak dengan kebutuhan khusus temporer ini merupakan anak yang alami hambatan belajar dan juga hambatan perkembangan yang disebabkan oleh faktor eksternal. Contohnya saja anak yang alami gangguan emosi sebab trauma akibat sudah diperkosa sehingga anak tersebut tidak bisa belajar. Pengalaman yang traumatis seperti ini bersifat sementara akan tetapi jika anak tersebut tidak mendpatkan intervensi yang benar, bisa jadi akan menjadi permanen.

Anak yang seperti ini perlu layanan pendidikan kebutuhan khusus yakni pendidikan yang sesuai dengan hambatan yang dia alami, akan tetapi anak ini tak perlu dilayani di sekolah khusus, yakni pendidikan yang telah disesuaikan dengan hambatan yang telah dialaminya tapi anak tersebut tak perlu dilayani di sekolah khusus. Di skeolah biasa ada banyak sekali anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus yang sifatnya temporer, dan oleh sebab itulah mereka memerlukan pendidikan yang tepat atau sesuai yang disebut dengan pendidikan khusus.

kata kata bijak cinta bahasa inggris Sedangkan untuk anak berkebutuhan khusus dengan sifat menetap atau permanen ini merupakan anak-anak yang alami hambatan belajar dna juga hambatan perkembangan yang sifatnya internal serta akibat langsung dari kondisi kecacatan, yakni seperti anak kehilangan fungsi pendengaran, penglihatan, gangguan kecerdasan dan juga kognisi, gangguan gerak, tingkat laku, social, serta interaksi komunikasi. Dengan kata lainnya anak berkebutuhan khusus dengan sifat permanen tersebut sama artinay dengan anak penyandang cacat.

Istilah anak berkebutuhan khusus ini bukanlah terjemah atau pun katak lain dari anak penyandang cacat, akan tetapi anak berkebutuhan khusus yang mencakup spectrum luas yakni meliputi anak berkebutuha khusus temporer dan juga anak berkebutuhan khusus permanen.

Demikianlah informasi tentang konsep anak berkebutuhan khusus (ABK) yang bisa kami bagikan. Semoga saja bermanfaat.

Baca Juga :