Keunggulan Dan Kelemahan Pendidikan SMK

Keunggulan Dan Kelemahan Pendidikan SMK

29 Nov 2016 Kala Gondang

Keunggulan Dan Kelemahan Pendidikan SMK

Ventross.com – Arus globalisasi yang berkembang memang memberikan banyak pengaruh atas kehidupan di Indonesia. Ada pro dan kontra serta ada dampak negatif dan positif atas perkembangan globalisasi ini. Salah satu dampak negatif dan positifnya dalam arus globalisasi yang menyentuh Indonesia yaitu pada dampak negatif arus globalisasi yang tidak tersaring dengan baik membuat tingkah laku masyarakat ketimuran cenderung berubah. Sementara sisi positifnya dengan arus globalisasi membuat pemikiran masyarakat Indonesia cenderung berubah – ubah.

Salah satu sentuhan arus globalisasi dalam dunia pendidikan adanya munculnya SMK. Dulu hanya ada SMA di Indonesia dan kemudian SMK juga datang untuk mewarnai wajah pendidikan di Indonesia. Salah satu alasannya ada SMK adalah untuk menjadi alternatif bagi siswa yang ingin langsung kerja jadi bisa memiliki skill yang memadai menghadapi persaingan di luar sana karena memang pada SMK akan diberikan skill khusus untuk menghadapi persaingan didalam dunia kerja. Mungkin Anda masih bingung mau pilih SMK atau SMA? Berikut kami akan berikan beberapa informasi tentang keunggulan SMK dan kelemahan SMK. Klik Disini

Kelebihan atau keunggulan SMK

Lain halnya dengan SMA tentu lain dengan SMK. JIka jenjang SMA punya kelebihan hal yang sama juga terjadi pada SMK. SMK juga punya kelebihan atau keunggulan. Beberapa kelebihan atau keunggulan dari SMK diantaranya :

  • SMK mengedepankan praktik – praktik kejuruan sehingga rata – rata lulusan dari SMK punya skill atau keahlian dalam bidang sesuai jurusannya untuk bersaing ketika lulus SMK dan mencari kerja.
  • Jika setelah lulus nantinya memang tidak melanjutkan kuliah, maka tentu kemungkinan akan menjadi pengangguran kecil (kecuali mungkin mereka yang malas dalam mencari kerja). Mengapa demikian? Hal ini karena para peserta didik SMK memang sudah siap dalam memasuki dunia kerja karena sistem pelatihan kerja dengan cara magang yang diterapkan.
  • Kesiapan para peserta didik juga nantinya akan ditambah dengan adanya prakerin atau PKL. PKL atau Praktek Kerja Lapangan atau yang sering disebut Prakerin atau Praktek Kerja Industri ini memberikan kontribusi besar agar peserta didik punya mental dalam dunia kerja dan memiliki pengalaman dalam dunia kerja. Sehingga bisa cepat tanggap jauh lebih baik dibandingkan lulusan SMA ketika sudah masuk lebih dulu dalam dunia kerja.

Kelemahan SMK

Ada kelebihan tentu ada kelemahan. Salah satu kelemahan siswa SMK adalah jika peserta didik yang bersangkutan ingin melanjutkan kuliah, maka harus siap bersaing dan berusaha keras lagi untuk mengimbangi mata pelajaran anak SMA yang notabennya selalu digempur dengan teori – teori. Ini yang menjadikan peluang siswa SMK diterima di PTN lebih kecil.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Keunggulan Dan Kelemahan Pendidikan SMK. Semoga bermanfaat.

Referensi Artikel Terkait :