marshanda

Marshanda Redam Stress dengan Menghantam

ventross.com – Jakarta Mens sana in corpore sano sudah menjadi slogan umum bagi mereka yang gemar melakukan olahraga. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, arti istilah latin tersebut sepertinya juga menjadi pegangan bagi aktris Andriani Marshanda.

Setidaknya, sejak beberapa tahun lalu, Caca, begitu Marshanda akrab disapa sudah mencoba menekuni berbagai macam olahraga. Lebih dari sekedar kebugaran fisik, Marshanda menyebut olahraga juga sebagai penyegaran secara psikis di tengah tekanan sebagai seorang entertainer seperti dirinya.

marshanda

Ya, sejak 2010, wanita kelahiran 10 Agustus 1989 itu mengatakan jika ia sebisa mungkin menyisipkan jadwal olahraga setiap pekan di sela kesibukannya. Setidaknya, secara rutin Caca pernah menjalani ‘paket lengkap’ olahraga dengan segala manfaatnya masing-masing setidaknya satu kali dalam kurun waktu satu minggu.

Untuk ketenangan jiwa, ibu satu anak itu memilih Yoga sebagai olahraga yang ia tekuni sejak 2010 lalu. Sementara untuk kebugaran, ia memilih olahraga keras seperti Thai Boxing yang ia lakukan sejak 2011. Di samping itu, Caca juga mengatakan pernah menekuni belly dancing sebagai salah satu cara untuk melatih kelenturan badannya, disamping efektif menjaga bobot tubuhnya tetap ideal.

Namun, lebih dari sekedar kebugaran fisik yang ia cari, Caca menilai olahraga yang ia jalani juga berhasil melatih mental yang berdampak positif pada pola fikir yang bermanfaat untuk aktivitasnya sehari-hari sebagai pelaku industri hiburan tanah air.

“Olahraga itu adalah kegiatan yang sebenarnya cukup penting yak buat fisik dan mental kita. Karena dia (olahraga) membuat kita lebih sehat, lebih semangat, lebih fresh dan bisa menghilangkan mood-mood jelek kalo kita rajin olahraga. Jadinya siklus yang ada di tubuh kita itu benar-benar bekerja,” ucap Marshanda saat berbincang eksklusif dengan Bintang.com belum lama ini.

Lebih dalam mengenai olahraga dan manfaat yang dirasakan Marshanda setelah mencoba banyak olahraga, berikut ini Bintang.com mengulasnya lebih mendalam lewat sebuah wawancara eksklusif, spesial dalam rangkaian menjelang ulang tahun Bintang.com yang ke-2.

Setiap orang memiliki ketertarikan yang berbeda pada setiap bidang. Dan, berbicara masalah olahraga, Andriani Marshanda, seorang aktris yang sudah sejak kecil memulai karirnya di industri sinetron tanah air memilih Muay Thai sebagai olahraga yang cocok untuk dijalani, apapun alasannya.

Ya, terhitung sejak 2011 wanita 27 tahun itu mengaku sudah menekuni olahraga tinju yang berasal dari negeri Gajah Putih, Thailand. Thai Boxing, begitu sebutan populer untuk olahraga tersebut dianggap Marshanda sebagai sarana untuk memperlancar siklus di dalam tubuhnya sehingga mampu untuk memunculkan efek positif untuk kehidupannya sehari-hari.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang Marshanda dan ketertarikannya dengan olahraga keras seperti Thai Boxing, berikut Bintang.com mencoba mengulik lebih dalam lewat sebuah wawancara eksklusif:

Kamu termasuk orang yang gemar berolahraga, kalo boleh tahu, apa arti olahraga buat seorang Andriani Marshanda?
Olahraga itu adalah kegiatan yang sebenarnya cukup penting yak buat fisik dan mental kita. karena membuat kita lebih sehat, lebih semangat, lebih fresh dan bisa menghilangkan mood-mood jelek kalo kita rajin olahraga. Jadinya siklus yang ada di tubuh kita itu benar-benar bekerja.

Kalo boleh tahu, sampai saat ini olahraga apa saja yang pernah kamu lakukan?
Yoga, Thai boxing, terus Belly Dance juga pernah.

Untuk sebagian selebritas, ada stigma yang bilang jika mereka olahraga hanya buat ikut-ikutan tren, kalo Marshanda bagaimana dengan stigma yang demikian?
Aku nggak sih kalo yoga aku sudah mulai dari 2010, dari sebelum yoga populer di Jakarta. Muai Thai dari 2011. Jadi aku sih memang ngejalanin untuk kesehatan badan aja.

Menarik bicara soal Thai Boxing, bagaimana awalnya kamu tertarik ikut Muay Thai?
Awalnya aku juga lupa yak aku tahu Muay Thai itu dari mana, cuma memang banyak teman-teman yang melakukan itu. Jadi aku mulai cari siapa instruktur yang bisa datang ke rumah, dan aku ketemu satu orang dari Bandung dan dia biasa ngelatih aku akhirnya, dia yang datang ke rumah seminggu sekali atau dua kali.

Kenapa akhirnya memilih Muay Thai, kan kesannya itu olahraga laki-laki banget?
Iyaa sih, jadi aku memang ada beberapa olahraga sih kayak yoga, belly dance, jadi memang ngambil olahraga yang beragam. Yoga lebih ke yang relaxing badan dan fikiran aku, kalo Muai Thai itu lebih ke kardionya, jadi seimbang.

Muay Thai itu kan termasuk olahraga keras dan kontak fisik, apa kamu pernah mengalami cedera?
Nggak Alhamdulillah. Karena kan aku berlatih dalam ruangan aman, terus juga dijagain instruktur jadi nggak pernah cedera.

Ikut Muai Thai sejak 2011 artinya sudah bukan pemula lagi, pernah coba-coba tanding dengan orang lain? Sama teman satu tempat latihan mungkin?
Partner nggak ada sih, biasanya aku sendiri aja.

Muay Thai sebagai salah satu bentuk self-defense juga sebagai seorang wanita?
Nggak sih karena aku nggak belajar ini (Thai Boxing) untuk bela diri, lebih ke olahraga aja. Jadi bukan untuk bela diri tapi lebih untuk olahraga aja.

Manfaat apa sih yang kamu rasain setelah sekian lama aktif di Muay Thai?
Manfaatnya yang pasti stamina jadi lebih meningkat terus jadi lebih nggak gampang cape sih.

Selain secara fisik, apa ada manfaat lain yang kamu rasain, secara psikis mungkin?
Kalo yang namanya olahraga pasti menurunkan level stres yak, karena kan kita hormonnya jadi teratur terus keringet keluar jadi sehat, paling pengaruhnya itu. Biografi Bill Gates

Kalo boleh tau, adakah olahraga yang bikin kamu tertarik tapi belum kamu dilakuin sampai sekarang?

Nggak sih, kalo yang bikin aku tertarik kayak zumba aku pernah nyoba semua.

Tertarik untuk coba hiking mungkin?
Pernah nyoba, tapi itu bukan sesuatu yang rutin. Jadi sekali-sekali aja.

Sadar akan pentingnya olahraga baik secara fisik maupun psikis, Marshanda pun sebisa mungkin selalu menyediakan waktu khusus disela kesibukannya untuk berolahraga. Caca menilai, setidaknya ia harus memiliki waktu kosong satu kali dalam seminggu yang bisa diluangkan untuk menjalani olahraga yang ia sukai. Lantas, bagaimana cara Marshanda mengatur waktu untuk olahraga ditengah kesibukannya sebagai seorang aktris? Berikut cuplikan wawancaranya:

Sebagai seorang aktris yang punya kesibukan padat, bagaimana kamu mengatur waktu untuk tetap bisa rutin berolahraga?
Udah terjadwal sih aku, jadi memang harus make time kalo misalnya kita mau lebih fit.

Jadi memang sengaja menyiapkan waktu khusus untuk olahraga?
Iyaa iyaa, aku olahraga itu antara seminggu sekali sampai seminggu tiga kali.

Suka olahraga artinya fisik kamu bisa dibilang bugar lah yak, ada pengaruh nggak ke kerjaan kamu sebagai entertainer?
Iyaa karena kita di dunia entertainment maksudnya butuh tenaga ekstra juga. Biasanya pekerjaan kita dengan kesibukan yang berlebihan juga menuntut stamina yang kuat, jadi penting sih menurut aku.

Bicara soal kesibukan, kalo boleh tahu, apa sih kesibukan kamu saat ini? Kemarin kan terakhir sempat ngeluarin single yang judulnya Sienna buat anak, next project ada apa lagi dari seorang Marshanda?
Iyaa yang paling deket adalah publishing single lagu Sienna, terus ada juga sinetron baru tapi masih surprise, belum bisa diceritain tapi memang lagi ada sinetron.

Oh udah mau mulai main sinetron striping lagi, nah olahraganya gimana, apa Muai Thai-nya ditinggalin dulu?
Iya kalo misalnya udah syuting striping memang susah yak buat olahraganya, jadi kemarin-kemarin aku kan lagi banyak nggak syuting tuh, jadi banyak waktu kosongnya, itu aku bisa tuh olahraga. Kalo syutingnya sore aku biasanya olahraganya pagi atau siang. Kalo syutingnya cuma dari pagi doang aku biasanya bisa olahraga sore atau malam.

Mengkaitkan olahraga dan aktifitas kamu sebagai selebritis, ada keinginan nggak main film atau sinetron yang mengeksplorasi kemampuan olahraga kamu?
Tergantung yak, tergantung ceritanya kalo ceritanya oke karakternya menantang mungkin aku akan ambil.

Tapi sampai saat ini apa sudah ada tawaran yang demikian?
Belum sih haha.

Andriani Marshanda di atas membuktikan jika olahraga memang patut menjadi salah satu prioritas utama dalam kehidupan. Sadar akan manfaat yang dihasilkan, Caca tetap berkomitmen untuk berusaha memberikan sedikit waktunya untuk sekedar berkeringat sehat, lantas, bagaimana dengan anda? Masih belum tertarik buat berolahraga?

Baca Juga :


Budaya Membaca di Indonesia Jauh Tertinggal

Budaya Membaca di Indonesia Jauh Tertinggal

ventross.com – Dibandingkan dengan negara lain di dunia, budaya membaca di Indonesia jelas masih tertinggal. Bahkan dari nama Indonesia tidak masuk dalam 10 besar negara yang selama ini lebih maju dalam soal melek huruf.

Dari sejumlah penelitian beberapa lembaga menempatkan tingkat literasi Indonesia sangat tertinggal jauh dengan banyak negara, bahkan di tingkat Asia Tenggara. Berikut sejumlah hasil penelitian tentang literasi tersebut:

Budaya Membaca di Indonesia Jauh Tertinggal

Berdasarkan penelitian Programme for International Student Assessment (PISA) 2012, Indonesia ada di peringkat 60 dengan skor 396 dari total 65 peserta negara untuk kategori membaca. Sementara skor rata-rata internasional yang ditetapkan PISA adalah 500

Capaian ini turun dibandingkan peringkat Indonesia pada 2009 yakni di urutan 57 dengan skor 402 dari total 65 negara. Sedangkan pada 2006, Indonesia menduduki peringkat 48 dengan skor 393 dari 56 negara

Di negara Asia Tenggara, kemampuan terbaik literasi membaca dipegang Singapura yakni di peringkat ke-3 dengan skor 542. Adapun Malaysia ada di atas Indonesia dengan peringkat 59 dengan skor 398.

Rendahnya membaca ini tak lepas dari masih tingginya angka buta huruf di Indonesia. Berdasarkan data Pusat Data dan Statistik Kemendikbud 2015, angka buta huruf Indonesia mencapai 5.984.075 orang.

Angka buta huruf ini tersebar di 6 provinsi meliputi, Jawa Barat (604.683 Orang), Jawa Tengah (943.683 Orang), Jawa Timur (1.258.184 Orang), Nusa Tenggara Barat (315.258 Orang), Sulawesi Selatan (375.221 Orang), dan Papua (584.441 Orang).

Lalu negara mana saja yang tingkat melek hurufnya tertinggi di dunia? Berikut ini 10 besar negara tersebut:

1.Finlandia
Finlandia adalah negara Eropa yang indah serta salah satu negara paling melek huruf di dunia. Negara Skandinavia ini merupakan negara unggul dalam sistem pendidikan selama bertahun-tahun. Sembilan tahun pendidikan adalah wajib bagi anak-anak usia 7-16 tahun, dengan tidak ada biaya kuliah dan makanan karena sepenuhnya disubsidi. Tingkat melek huruf di Finlandia adalah 100%.

2.Norwegia
Norwegia adalah salah satu negara dengan tingkat pendidik berkualitas di dunia. Norwegia berinvestasi dengan tingkat pajak tinggi untuk sistem pendidikannya. Negara ini memiliki sekitar 841 perpustakaan. Sistem sekolah dibagi menjadi tiga tingkatan yakni primer, sekunder dan menengah atas. Pendidikan anak usia 6-16 tahun adalah wajib.

3.Islandia
Republik Islandia adalah negara pulau yang indah di Samudra Atlantik Utara dengan angka melek huruf 99,9%. Sistem pendidikan Islandia dibagi menjadi empat tingkat sebagai playschool, wajib, atas menengah dan tinggi. Pendidikan dari usia 6-16 tahun adalah wajib. Sebagian besar sekolah didanai pemerintah. Angka partisipasi pendidikan di Islandia adalah 82,23%.

4.Denmark
Pemerintah Denmark memiliki salah satu sistem ekonomi paling kuat di dunia. Dengan tingkat melek huruf sebesar 99%, Denmark menjadi salah satu negara terdidik di dunia. Pemerintah Denmark menghabiskan sejumlah besar dari PDB mereka untuk pendidikan.

5.Swedia
Bangsa Skandinavia adalah salah satu kawasan paling terdidik di dunia tak terkecuali Swedia. Pendidikan gratis diterapkan wajib secara teratur untuk anak-anak pada usia 7 sampai 16 tahun. Indeks pendidikan Swedia adalah 99%. Ada 53 perguruan tinggi negeri dan 290 perpustakaan umum di negeri asal pesepakbola Zlatan Ibrahimovic ini Cara Membuat Proposal Usaha

6.Kanada
Meski bukan negara terbesar, Kanada merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Tingkat melek huruf warga Kanada adalah sekitar 99%. Sistem pendidikan negara ini memiliki tiga tingkat yang digambarkan mirip dengan sistem sekolah di Belanda. Sebanyak 310.000 guru mengajar di tingkat dasar serta menengah dan sekitar 40.000 dosen di perguruan tinggi. Selain itu ada 98 sekolah dan 637 perpustakaan di negeri ini.

7.Prancis
Prancis adalah salah satu negara paling indah di Eropa. Dengan indeks pendidikan 99%, menunjukkan bahwa Prancis adalah salah satu negara berpendidikan tinggi di dunia. Sistem pendidikan negeri Menara Eiffel ini dibagi menjadi tiga tahap yakni utama, menengah dan sekunder.

8.Austria
Austria adalah salah satu negara dengan ekonomi terkuat. Sekitar 98% warga Austria dapat membaca dan menulis. Itulah sebabnya Austria adalah peringkat salah satu negara paling maju di dunia. Sembilan tahun pendidikan gratis dan wajib disediakan untuk anak-anak. Austria memiliki 23 universitas negeri terkenal dan 11 perguruan tinggi swasta berkualitas.

9.Selandia Baru
Selandia Baru terletak di barat daya Samudra Pasifik. Negara ini tidak hanya salah satu negara terkaya di dunia, tetapi juga salah satu negara paling melek huruf di dunia. Sistem pendidikan di Negeri Kiwi ini diklasifikasikan dalam tiga tingkat yakni studi dasar, studi sekunder dan studi lebih tinggi. Tingkat melek huruf di Selandia Baru adalah 93%.

10.Belanda
Belanda adalah salah satu negara terdidik di dunia dengan angka melek huruf 72%. Beberapa universitas paling terkenal di dunia ditemukan di Belanda. Dari usia lima tahun, pendidikan adalah wajib bagi anak-anak. Di Negeri Kincir Angin ini ada hampir 579 perpustakaan umum dan sekitar 1.700 perguruan tinggi.

Baca Juga :


anatomi-pada-manusia

Anatomi Pada Manusia

ventross.com – Dalam cabang ilmu biologi pelajaran tentang tentang susunan dalam struktur tubuh makhluk hidup ialah ilmu anatomi. Hasil dari sebuah penelitian tentang anatomi tubuh manusia itu berkenaan dengan fungsi dan sistem tubuh manusia. Anatomi tubuh manusia tersusun kedalam beberapa bagian sistem tubuh:

Anatomi Tubuh Manusia

Sistem Kerangka

Tubuh manusia terdiri dari susunan – susunan kerangka atau berbagai macam tulang yang saling berkaitan satu sama lain. Didalam kepala terdiri dari 8 buah tulang, kerangka dada 25 buah tulang, wajah 14 tulang, tulang belakang dan pinggul 26 buah, tulang telinga 6 buah, lengan 64, lidah 1 dan tulang kaki 62 buah. Fungsi kerangka yaitu:

anatomi-pada-manusia

– Dapat menahan bagian-bagian tubuh agar tidak roboh
– Dapat melindungi seluruh alat tubuh yang halus seperti melindungi jantung, paru-paru serta otak
– Kerangka adalah tempat melekatnya otot-otot di dalam tubuh
– Dapat memberikan bentuk pada sebuah bangunan tubuh
– Untuk menggerakkan tubuh melelui otot
– Tempat pembuatan sel darah khususnya sel darah merah

Sistem Otot

Sistem otot berfungsi sebagai penggerak tubuh. Otot merupakan apa yang memungkinkan manusia untuk dapat melakukan segala aktivitas dari mulai berjalan hingga mengangkat benda berat. Sistem otot pada manusia terdiri dari 600 (enam ratus) otot.

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah atau sirkulasi darah dan kardiovaskular yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sistem peredaran darah pada manusia adalah jantung, yang berbentuk runjung dan letaknya terbalik. Bagian dalam jantung terdiri dari 4 ruang yakni serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan. Antara serambi kiri dan bilik kiri saling berhubungan, begitu pun serambi kanan dan bilik kanan saling berhubungan satu sama lain.

Sistem Pencernaan

Ialah sistem organ manusia yang berfungsi sebagai penerima makanan, mencerna makanan, proses pencernaan makanan, menyerap zat-zat gizi yang dibawa kedalam aliran darah, lalu membuang bagian atau sisa makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Sistem pencernaan di mulai dari mulut sampai ke anus yaitu di mulai dari mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rektum dan berakhir di anus.

Sistem Pernapasan

Organ yang digunakan untuk bernafas adalah paru-paru. Pada sistem pernafasan, oksigen merupakan kebutuhan yang sangat penting dan utama, karena manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida serta uap air agar dapat tetap hidup.

Sistem Endokrin

Sistem endokrin ialah sistem yang mengontrol kelenjar tanpa adanya saluran yang menghasilkan hormon atau komunikasi didalam tubuh dengan hormon. Hormon sendiri merupakan bahan kimia pembawa pesan yang disintesis dan disekresikan oleh kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin ini terdiri dari kelenjar tiroid, kelenjar himofise, hipotalamus, paratiroid, pineal, adrenal Mario Teguh

Sistem Imun

Sistem kekebalan tubuh atau Sistem imun berada diseluruh tubuh terutama pada bagian limpa. Sistem imun ini merupakan sistem pertahanan pada tubuh manusia terhadap infeksi atau serangan-serangan dari molekul asing seperti bakteri, virus, serta parasit penyebab penyakit.

Sistem Indera

Sistem indera pada manusia memiliki fungsi sebagai penerima rangsangan dari lingkungan sekitarnya. Manusia memiliki lima indera yang biasa disebut dengan panca indera yakni indera pengelihatan atau mata, indera pendengaran atau telinga, indera penciuman atau hidung, indera peraba atau kulut dan indera pengecap atau lidah. Setiap bagian-bagian dari indera memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sistem Limfatik

Sistem Limfatik yaitu sistem sirkulasi yang berfungsi untuk mengalirkan limfa didalam tubuh manusia. Sistem limfatik sendiri terdiri dari pembuluh limfa dan organ limfoid. Fungsi limfatik antara lain:
– mengangkut limfosit
– mengembalikan cairan dan protein ke peredaran darah
– menghancurkan dan menyaring mikroorganisme, jika terjadi infeksi maka kelenjar limfa ini dapat menghasilkan zat antibodi.

Sistem Ekskresi

Organ-organ pada sistem ekskresi didalam tubuh manusia terdiri dari ginjal, hati, kulit dan paru-paru. Ginjal berperan dalam mengeluarkan urine, hati berperan mengeluarkan zat warna empedu atau urea, kulit berperan mengeluarkan keringat, dan paru-paru berperan dalam mengeluarkan uap air dan karbondioksida.

Sistem Saraf

Sistem saraf pada manusia terdiri atas sistem saraf pusat dan tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Dan dalam sistem saraf tepi terdiri dari sistem saraf otonom dan somatis. Sistem saraf bertugas untuk menyampaikan rangsangan yang di terima dari reseptor untuk direspon oleh tubuh manusia. Dalam menanggapi rangsangan, ada beberapa komponen penting yang harus dimiliki sistem saraf yakni: reseptor, penghantar impuls dan efektor.

Sistem Reproduksi

Sistem Reproduksi yaitu suatu rangkaian dan interaksi organ dalam yang berfungsi untuk berkembang biak. Sistem reproduksi pada perempuan berpusat pada ovarium yang fungsinya untuk menghasilkan ovum dan hormon. Alat reproduksi pada perempuan terdiri dari rahim, indung telur, liang senggama. Indung telur ialah kelenjar kelamin yang menghasilkan sel-sel telur. Sedangkan alat reproduksi pada laki-laki ialah testis yang berfungsi sebagai penghasil sperma dan hormon testosteron.

Baca Lainnya:


anatomi-dan-komponen-sistem-imunitas

Anatomi dan Komponen Sistem Imunitas

Anatomi dan Komponen Sistem Imunitas

1. Anatomi

ventross.com – Sistem imunitas akan menyusun pertahanan untuk tubuh pada saat organisme penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Salah satu dari bagian sistem imunitas akan menggunakan pertahanan untuk melindungi tubuh dari substansi asing. Pertahanan tubuh tersebut diantarnya ialaj kulit dan membran mukus yang melapisi semua rongga tubuh, serta senyawa kimia pelindung, yaitu enzim dalam saliva dan air mata yang bisa menghancurkan bakteri.

anatomi-dan-komponen-sistem-imunitas

Bagian lain dalam sistem imunitas adalah dengan menggunakan getah bening. Getah bening merupakan cairan yang berwarna pucat yang berisi lemak serta mengandung limfosit. Lomfosit adalah sel-sel darah putih khusus yang merespon jenis substansi asing tertentu. Adapun getah bening dalam tubuh berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem limfatik. Sistem limfatik ini berfungsi untuk mengabsorpsi cairan berlebih dan mengembalikannya ke aliran darah dam mengabsorpsi lemak di vili-vili usus halus.

Sistem limfatik terdapat 6 ( enam ) ruangan interstisial ke sistem sirkulasi, antara lain, yaitu sebagai berikut:

a. Pembuluh Getah Bening

Pembuluh getah bening sangat berhubungan erat dengan sistem peredaran pembuluh. Pembuluh getah bening yang besar mirip dengan vena. Dan sementara, kapiler-kapiler getah bening bercabang-cabang ke seluruh bagian tubuh, kecuali otak. Adapun kontraksi otot-otot rangka menyebabkan pergerakan cairan getah bening melalui katup-katup.

b. Nodus Getah Bening

Daerah tempat limfosit dan makrofage terkonsentrasi di sepanjang vena limfatik yang disebut dengan nodus getah bening. Nodus getah bening ini adalah massa jaringan yang menarik limfosit dan menyebarkannya ke daerah-daerah tubuh yang mengalami infeksi profillengkap.com

c. Sumsum Tulang

Sumsum tulang adalah substansi halus yang ditemukan pada bagian tengah beberapa tulang. Sumsum tulang terdiri dari jaringan yang memproduksi limfosit. Limfosit dewasa juga terdapat pada sumsum tulang, yang berkembang menjadi limfosit B atau sel B. Dan Limfosit B inilah yang menghasilkan protein-protein yang disebut dengan antibodi yan diedarkan melalui darah dan menyerang organisme penyebab-penyebab penyakit.

d. Limpa

Limpa merupakan salah satu organ dalam sistem limfatik. Limpa ini mirip dengan nodus getah bening, tapi lebih besar dan berisi darah. Limpa sendiri berfungsi sebagai reservoir darah yang menyaring darah dan cairan getah bening yang mengalir melaluinya. Apabila limpa seseorang rusak atau diambil, orang tersebut akan lebih mudah terkena infeksi.

e. Kelenjar Timus

Beberapa imfosit dibentuk di sumsum tulang serta pindah tempat menuju kalenjar timus. Kelenjar timus ini menyekresikan hormon tomosin yang membuat sel pre-T berubah dewasa menjadi sel T atau limfosit T. Limfosit T bisa menyerang organisme-organisme penginvasi secara langsung.

f. Tonsil

Tonsil adalah massa jaringan limfoid yang membentuk cincin yang mengelilingi dinding faring atau tenggorokan. Sel-sel limfoid di tonsil bisa melindungi faring terhadap invasi oleh bakteri penyebab penyakit.

2. Komponen Sistem Imunitas

Kemampuan sistem imunitas untuk dapat menghasilkan respon terhadap penyakit bergantung pada interaksi antara komponen sistem imunitas dengan antigen yang terdapat pada pengivasi patagen. Dan berikut ini merupakan komponen-komponen yang terdapat dalam sistem imunitas.

a. Makrofag

Makrofag merupakan sel darah putih yang berukuran besar dan terus menerus mencari molekul-molekul antigen dari organisme asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri, virus dan jamur.

Ketika ada organisme asing masuk, makrofag ini akan segera mengelilinginya, mencerna, serta menghancurkannya melalui proses yang disebut dengan fagositos. Selain itu, makrofag ini berperan dalam pertahanan adaptif dengan cara menarik antigen penginvasi lalu mengirim penginvasi tersebut untuk bisa dihancurkan oleh komponen lain dalam sistem pertahanan adaptif.

b. Limfosit

Limfosit merupakan sel darah putih yang berfungsi untuk megenali serta menghancurkan antigen-antigen penginvasi. Semua limfosit ini dimulai sebagai sel tunas (stem cell) di sumsum tulang, namun tumbuh dewasa di 2 (dua) tempat yang berbeda, yaitu di sumsum tulang dan kelenjar timus. Limfosit dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

1) Limfosit B merupakan limfosit yang tumbuh dewasa di sumsum tulang. Limfosit B bisa membelah dan membentuk sel plasma dan sel memori B. Sementara itu, sel-sel memori B merupakan bagian dari sistem memori imunitas.

2) Limfosit T merupakan limfosit yang tumbuh dewasa di timus. Di dalam kelenjar timus, limfosit T “belajar” membedakan antara benda asing dengan bukan benda asing. Selanjutnya, limfosit T dewasa akan meninggalkan timus dan masuk ke dalam pembuluh getah bening.

3) Sel-sel pemusnah alami merupakan limfosit yang mempunyai ukuran lebih besar daripada limfosit T dan B. Sel ini disebut dengan “sel pemusnah” karena sel-sel tersebut bisa membunuh mikroba dan sel-sel kanker tertentu.

c. Reseptor Antigen

Reseptor antigen merupakan suatu struktur khusus yang terdapat pada permukaan limfosit yang bisa mengikat struktur tertentu yang terdapat di antigen, mirip seperti kunci dan anak kunci. Oleh karena itu, pada saat antigen memasuki tubuh, hanya limfosit yang sesuai dengan antigen tersebut yang akan aktif.

d. Sel-Sel Pengenal Antigen

Saat suatu antigen masuk ke daam sel tubuh, molekul pengangkut tertentu di dalam sel akan melekatkan diri ke antigen. Dan selanjutnya, molekul tersebut mengangkut antigen menuju permukaan sel, tempat limfosit T bisa mengenali mereka sebagai antigen. Adapun molekul-molekul pengangkut tersebut dibuat oleh gen-gen disebut dengan kompleks histokomtipabilitas utama atau major histocompatibity complex (MHC), sehingga dikenal juga sebagai molekul MHC.

e. Antibodi

Antibodi merupakan protein yang diproduksi oleh sel-sel limfosit B. Antibodi ini mengikat suatu antigen. Kecocokan ikatan tersebut mirip seperti kunci dan anak kuncinya yang membentuk komplek antibodi antigen.

Pada umumnya, antibodi iaalah protein yang berbentuk “Y” yang disebut dengan imunoglobulin (Ig) yang hanya dibuat di sel-sel B. Dan berdasarkan daerah tersebut, antibodi dapat dikategorikan menjadi lima kelas, yaitu IgM, IgG, IgA, IgD dan IgE.

IgM merupakan antibodi yang pertama dihasilkan pada pemaparan awal oleh suatu antigen. IgG merupakan jenis antibodi yang paling umum, dihasilkan pada pemaparan antigen berikutnya. IgA bisa keluar dari aliran darah dan muncul dicariran tubuh yang lain. IgE merupakan antibodi yang menyebabkan reaksi alergi akut (reaksi alergi segera). Sedangkan IgD merupakan antibodi yang terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit di dalam darah. Dan fungsinya belum sepenuhnya dimengerti.

Baca Lainnya:


Ciri-Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Cyanobacteria( Bakteri Hijau Biru)

Ciri-Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Cyanobacteria( Bakteri Hijau Biru)

ventross.com – Ganggang biru-hijau bukanlah jenis dari ganggang, namun melainkan sejenis bakteri yang sering disebut cyanobacteria. Cyanobacteria merupakan organisme prokariotik ber-sel tunggal dan merupakan bentuk kehidupan yang sangat sederhana. Mereka dapat memproduksi makanan mereka sendiri dengan cara fotosintesis seperti tanaman, namun sel dari cyanobacteria jauh lebih sederhana dari karakteristik struktural organisme eukariotik.

Ciri-Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Cyanobacteria( Bakteri Hijau Biru)

A. Ciri-ciri Cyanobacteria

1. Inti tidak diselubungi oleh membran
2. Pada umumnya Alga hijau biru berhabitat di perairan dengan pH Netral dan juga sedikit basa
3. Cyanobacteria hidup di berbagai tempat seperti ditanah, perairan, batu-batuan, serta dibongkahan batu
4. Mempunyai klorofil dan karatenoid, fikosianinm, serta terkadang fikoeritrin
5. Dinding sel terletak di antara plasmalema dan selubung lendir
6. Sebagian dari Cyanobacteria dapat berkoloni dengan bentuk filamen yang memiliki heterosista dengan spora yang istirahat atau juga disebut dengan resting spore. Heterosista merupakan sel yang jauh lebih tebal dan tidak memiliki inti. Adapun Spora istirahat ialah spora yang dindingnya sangat tebal dan didalamnya berisi sel.
7. Bentuk organisme bisa uniseluler seperti Chroococcus, Analytis, dan sedangkan yang dapat berkoloni seperti Merismopedia, Nostoc, Microcystis atau filamen seperti Oscillatoria, Mircocoleus, Anabaena. Sel yang membentuk koloni ialah serupa; dan sedangkan bentuk filamen tersusun dari sekumpulan sel yang membentuk rantai, trikoma (seperti tabung), atau selubung.
8. Dapat bergerak dengan pergerakan meluncur
9. Tidak berflagel Panca Indera

B. Macam-macam spesies dari Cyanobacteria

1. Gloeocapsa
2. Nostoc
3. Chroococcus
4. Analytis
5. Oscillatoria
6. Gloetricha
7. Mircocoleus
8. Tolypothrix
9. Anabaena
10.Microcystis
11.Merismopedia

C. Peranan Cyanobacteria dalam kehidupan

a. Manfaat Cyanobacteria adalah :

1. Cyanobacteria yakni sebagai pengikat nitrogen bebas, yang artinya Peran Cyanobacteria ialah mengikat nitrogen yang utama di alam, nitrogen sendiri sangatlah diperlukan oleh tanaman sehingga cyanobacteria sangatlah menguntungkan untuk tanaman, contohnya : Nostoc Commune, Anabaena Cycadae dan Anabaena azollae.
2. Sebagai vegetasi peintis , yakni dengan cara membentuk suatu lapisan pada permukaan tanah gundul sehingga mampu hidup pada lingkungan yang kurang menguntungkan dimana disana tumbuhan lain tidak dapat hidup.
3. Cyanobacteria juga sangat berperan sangat penting untuk menambah materi-materi organik ke dalam tanah.
4. Spiriluna juga mampu menghasilkan senyawa karbohidrat yang lumayan dan senyawa organic lainnya yang sangat tinggi serta diperlukan oleh manusia sebagai sumber pangan yang mengandung banyak sekali protein di dalamnya. Dan maka itu Spiriluna dapat digunakan untuk dikembangkannya sebagai sumber pangan di masa datang karena Spiriluna ini dalam bentuk pil.

b. Kerugian Cyanobacteria :

1. Ada beberapa Spesies dari Cyanobacteria yang memproduksi racun syaraf (neurotoksin) yaitu seperti ular yang sangat berbahaya bagi hewan maupun manusia dan biasanya racun ini menyerang hati ( hepatotoksin ) dan sel ( sitotoksin ) mereka membentuk endotoksin sehingga sangat berbahaya bagi hewan maupun manusia.
2. Dan jika terlalu banyak Cyanobacteria yang menempel pada tembok bangunan maka lama-kelamaan temok tersebut akan cepat mengalami keretakan.
3. Cyanobacteria juga Dapat menyebabkan suatu merugikan, yakni Cyanobacteria dapat hidup di lingkungan yang mengandung kadar fosfat dan nitrogen yang tinggi. Kadar ini pada suatu lingkungan perairan sering diakibatkan oleh pencemaran limbah industri dan pertanian. Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan tumbuhnya Cyanobacteria secara berlimpah. Dan limpahan tersebut dapat menutupi permukaan perairan sehingga matahari dan oksigen yang dibutuhkan organisme lain dalam perairan berkurang.

Baca Juga >>>