marshanda

Marshanda Redam Stress dengan Menghantam

ventross.com – Jakarta Mens sana in corpore sano sudah menjadi slogan umum bagi mereka yang gemar melakukan olahraga. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat, arti istilah latin tersebut sepertinya juga menjadi pegangan bagi aktris Andriani Marshanda.

Setidaknya, sejak beberapa tahun lalu, Caca, begitu Marshanda akrab disapa sudah mencoba menekuni berbagai macam olahraga. Lebih dari sekedar kebugaran fisik, Marshanda menyebut olahraga juga sebagai penyegaran secara psikis di tengah tekanan sebagai seorang entertainer seperti dirinya.

marshanda

Ya, sejak 2010, wanita kelahiran 10 Agustus 1989 itu mengatakan jika ia sebisa mungkin menyisipkan jadwal olahraga setiap pekan di sela kesibukannya. Setidaknya, secara rutin Caca pernah menjalani ‘paket lengkap’ olahraga dengan segala manfaatnya masing-masing setidaknya satu kali dalam kurun waktu satu minggu.

Untuk ketenangan jiwa, ibu satu anak itu memilih Yoga sebagai olahraga yang ia tekuni sejak 2010 lalu. Sementara untuk kebugaran, ia memilih olahraga keras seperti Thai Boxing yang ia lakukan sejak 2011. Di samping itu, Caca juga mengatakan pernah menekuni belly dancing sebagai salah satu cara untuk melatih kelenturan badannya, disamping efektif menjaga bobot tubuhnya tetap ideal.

Namun, lebih dari sekedar kebugaran fisik yang ia cari, Caca menilai olahraga yang ia jalani juga berhasil melatih mental yang berdampak positif pada pola fikir yang bermanfaat untuk aktivitasnya sehari-hari sebagai pelaku industri hiburan tanah air.

“Olahraga itu adalah kegiatan yang sebenarnya cukup penting yak buat fisik dan mental kita. Karena dia (olahraga) membuat kita lebih sehat, lebih semangat, lebih fresh dan bisa menghilangkan mood-mood jelek kalo kita rajin olahraga. Jadinya siklus yang ada di tubuh kita itu benar-benar bekerja,” ucap Marshanda saat berbincang eksklusif dengan Bintang.com belum lama ini.

Lebih dalam mengenai olahraga dan manfaat yang dirasakan Marshanda setelah mencoba banyak olahraga, berikut ini Bintang.com mengulasnya lebih mendalam lewat sebuah wawancara eksklusif, spesial dalam rangkaian menjelang ulang tahun Bintang.com yang ke-2.

Setiap orang memiliki ketertarikan yang berbeda pada setiap bidang. Dan, berbicara masalah olahraga, Andriani Marshanda, seorang aktris yang sudah sejak kecil memulai karirnya di industri sinetron tanah air memilih Muay Thai sebagai olahraga yang cocok untuk dijalani, apapun alasannya.

Ya, terhitung sejak 2011 wanita 27 tahun itu mengaku sudah menekuni olahraga tinju yang berasal dari negeri Gajah Putih, Thailand. Thai Boxing, begitu sebutan populer untuk olahraga tersebut dianggap Marshanda sebagai sarana untuk memperlancar siklus di dalam tubuhnya sehingga mampu untuk memunculkan efek positif untuk kehidupannya sehari-hari.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang Marshanda dan ketertarikannya dengan olahraga keras seperti Thai Boxing, berikut Bintang.com mencoba mengulik lebih dalam lewat sebuah wawancara eksklusif:

Kamu termasuk orang yang gemar berolahraga, kalo boleh tahu, apa arti olahraga buat seorang Andriani Marshanda?
Olahraga itu adalah kegiatan yang sebenarnya cukup penting yak buat fisik dan mental kita. karena membuat kita lebih sehat, lebih semangat, lebih fresh dan bisa menghilangkan mood-mood jelek kalo kita rajin olahraga. Jadinya siklus yang ada di tubuh kita itu benar-benar bekerja.

Kalo boleh tahu, sampai saat ini olahraga apa saja yang pernah kamu lakukan?
Yoga, Thai boxing, terus Belly Dance juga pernah.

Untuk sebagian selebritas, ada stigma yang bilang jika mereka olahraga hanya buat ikut-ikutan tren, kalo Marshanda bagaimana dengan stigma yang demikian?
Aku nggak sih kalo yoga aku sudah mulai dari 2010, dari sebelum yoga populer di Jakarta. Muai Thai dari 2011. Jadi aku sih memang ngejalanin untuk kesehatan badan aja.

Menarik bicara soal Thai Boxing, bagaimana awalnya kamu tertarik ikut Muay Thai?
Awalnya aku juga lupa yak aku tahu Muay Thai itu dari mana, cuma memang banyak teman-teman yang melakukan itu. Jadi aku mulai cari siapa instruktur yang bisa datang ke rumah, dan aku ketemu satu orang dari Bandung dan dia biasa ngelatih aku akhirnya, dia yang datang ke rumah seminggu sekali atau dua kali.

Kenapa akhirnya memilih Muay Thai, kan kesannya itu olahraga laki-laki banget?
Iyaa sih, jadi aku memang ada beberapa olahraga sih kayak yoga, belly dance, jadi memang ngambil olahraga yang beragam. Yoga lebih ke yang relaxing badan dan fikiran aku, kalo Muai Thai itu lebih ke kardionya, jadi seimbang.

Muay Thai itu kan termasuk olahraga keras dan kontak fisik, apa kamu pernah mengalami cedera?
Nggak Alhamdulillah. Karena kan aku berlatih dalam ruangan aman, terus juga dijagain instruktur jadi nggak pernah cedera.

Ikut Muai Thai sejak 2011 artinya sudah bukan pemula lagi, pernah coba-coba tanding dengan orang lain? Sama teman satu tempat latihan mungkin?
Partner nggak ada sih, biasanya aku sendiri aja.

Muay Thai sebagai salah satu bentuk self-defense juga sebagai seorang wanita?
Nggak sih karena aku nggak belajar ini (Thai Boxing) untuk bela diri, lebih ke olahraga aja. Jadi bukan untuk bela diri tapi lebih untuk olahraga aja.

Manfaat apa sih yang kamu rasain setelah sekian lama aktif di Muay Thai?
Manfaatnya yang pasti stamina jadi lebih meningkat terus jadi lebih nggak gampang cape sih.

Selain secara fisik, apa ada manfaat lain yang kamu rasain, secara psikis mungkin?
Kalo yang namanya olahraga pasti menurunkan level stres yak, karena kan kita hormonnya jadi teratur terus keringet keluar jadi sehat, paling pengaruhnya itu. Biografi Bill Gates

Kalo boleh tau, adakah olahraga yang bikin kamu tertarik tapi belum kamu dilakuin sampai sekarang?

Nggak sih, kalo yang bikin aku tertarik kayak zumba aku pernah nyoba semua.

Tertarik untuk coba hiking mungkin?
Pernah nyoba, tapi itu bukan sesuatu yang rutin. Jadi sekali-sekali aja.

Sadar akan pentingnya olahraga baik secara fisik maupun psikis, Marshanda pun sebisa mungkin selalu menyediakan waktu khusus disela kesibukannya untuk berolahraga. Caca menilai, setidaknya ia harus memiliki waktu kosong satu kali dalam seminggu yang bisa diluangkan untuk menjalani olahraga yang ia sukai. Lantas, bagaimana cara Marshanda mengatur waktu untuk olahraga ditengah kesibukannya sebagai seorang aktris? Berikut cuplikan wawancaranya:

Sebagai seorang aktris yang punya kesibukan padat, bagaimana kamu mengatur waktu untuk tetap bisa rutin berolahraga?
Udah terjadwal sih aku, jadi memang harus make time kalo misalnya kita mau lebih fit.

Jadi memang sengaja menyiapkan waktu khusus untuk olahraga?
Iyaa iyaa, aku olahraga itu antara seminggu sekali sampai seminggu tiga kali.

Suka olahraga artinya fisik kamu bisa dibilang bugar lah yak, ada pengaruh nggak ke kerjaan kamu sebagai entertainer?
Iyaa karena kita di dunia entertainment maksudnya butuh tenaga ekstra juga. Biasanya pekerjaan kita dengan kesibukan yang berlebihan juga menuntut stamina yang kuat, jadi penting sih menurut aku.

Bicara soal kesibukan, kalo boleh tahu, apa sih kesibukan kamu saat ini? Kemarin kan terakhir sempat ngeluarin single yang judulnya Sienna buat anak, next project ada apa lagi dari seorang Marshanda?
Iyaa yang paling deket adalah publishing single lagu Sienna, terus ada juga sinetron baru tapi masih surprise, belum bisa diceritain tapi memang lagi ada sinetron.

Oh udah mau mulai main sinetron striping lagi, nah olahraganya gimana, apa Muai Thai-nya ditinggalin dulu?
Iya kalo misalnya udah syuting striping memang susah yak buat olahraganya, jadi kemarin-kemarin aku kan lagi banyak nggak syuting tuh, jadi banyak waktu kosongnya, itu aku bisa tuh olahraga. Kalo syutingnya sore aku biasanya olahraganya pagi atau siang. Kalo syutingnya cuma dari pagi doang aku biasanya bisa olahraga sore atau malam.

Mengkaitkan olahraga dan aktifitas kamu sebagai selebritis, ada keinginan nggak main film atau sinetron yang mengeksplorasi kemampuan olahraga kamu?
Tergantung yak, tergantung ceritanya kalo ceritanya oke karakternya menantang mungkin aku akan ambil.

Tapi sampai saat ini apa sudah ada tawaran yang demikian?
Belum sih haha.

Andriani Marshanda di atas membuktikan jika olahraga memang patut menjadi salah satu prioritas utama dalam kehidupan. Sadar akan manfaat yang dihasilkan, Caca tetap berkomitmen untuk berusaha memberikan sedikit waktunya untuk sekedar berkeringat sehat, lantas, bagaimana dengan anda? Masih belum tertarik buat berolahraga?

Baca Juga :